10 Agama Baru Paling Aneh di Dunia - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Agama Baru Paling Aneh di Dunia



Munculnya agama-agama baru yang aneh di dunia pada dasarnya boleh-boleh saja dalam tanda kutip, selama ajaran agama baru tersebut tidak menyinggung atau memodifikasi ajaran agama yang sudah ada. Misalkan agama pemuja bakso, dimana para penganutnya memiliki filosofi, makin banyak makan bakso makin cepat masuk surga. Dijamin ajaran aneh unik ini tidak akan dipermasalahkan apalagi sampai menimbulkan konflik antar umat beragama. 

1. Agama Baru Nuwaubianisme 


Menurut keterangan ahli cendikiawan, pengikut agama Nuwaubinisme (Nuwaubian Nation of Moors) ini dulunya adalah komunitas orang kulit hitam muslim yang tinggal di seputar daerah metropolitan New York. Akhirnya, mereka mendirikan sebuah markas di Putnam County, Georgia pada 1993 silam (kini sudah ditinggalkan). 
Sayangnya, pemimpin spiritual mereka Dr. Malachi Z. York yang dijuluki Dwight York, pada suatu malam ditangkap karena dituduh mencuci uang dan melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak kecil. Anehnya, meski fakta kejahatan sang pemimpin sudah terungkap jelas, namun para pengikut agama Nuwaubianisme masih saja tetap bertahan sampai sekarang.
Menurut mitos dalam ajaran agama sesat Nuwaubianisme ini, orang kulit putih ditakdirkan untuk memperbudak orang kulit hitam, namun takdir ini akhirnya meleset. Mereka juga percaya wanita lebih dahulu ada beberapa generasi sebelum pria diciptakan lewat rekayasa cinta genetik.

2. Gerakan Pangeran Phillip (Prince Phillip Movement / PPM)
‘Ayah suri’ dan suami dari Ratu Elizabeth II ini akhirnya bisa merasakan menjadi Raja dalam artian sebenarnya. Kaum penduduk Yaohnanen di Vanuatu, menganggapnya sebagai ‘anak dari roh Bumi yang pergi menyeberangi lautan untuk menikahi seorang wanita yang berkuasa’.

Setelah melihat cara pejabat Vanuatu melayani Ratu Elizabeth saat mengunjungi negara mereka, pengikut ajaran ini memutuskan bahwa suaminya pastilah ‘anak roh Bumi’ yang dimaksud dalam legenda tersebut. Pengikut Gerakan Pangeran Phillip merayakan ulang tahun ayah dari Pangeran Charles yang jatuh pada tanggal 10 Juni setiap tahunnya sebagai festival keagamaan unik mereka.
3. Raelisme

Ia mengaku pernah diculik oleh Alien dan diberitahu soal asal-usul manusia. Alien tersebut pulalah yang memberi Claude nama ‘Rael’ saat dibawa ke planet nun jauh disana yang katanya bernama Elohim.
Claude mengaku dirinya ‘merasa terhormat’ karena dapat bertemu dengan tokoh-tokoh keagamaan dan filsuf terkenal sepanjang sejarah, seperti Yesus, Konfusius, Buddha, dan Joseph Smith (pendiri aliran Mormonisme). Claude alias Rael juga mengatakan bahwa Alien akan datang ke Yerusalem pada tahun 2025. Wow Mengerikan bukan? 

4. Pana Wave, Agama Paling Aneh di Jepang
Siapa yang tidak kenal Jepang dengan segala jenis keanehan abad ke 21 nya? Jika kamu belum pernah mendengar Panawave, ajaran ini adalah gerakan yang didirikan oleh sekelompok orang cerdas yang kurang piknik. Kaum ini mempercayai gelombang elektromagnetik adalah penyebab dari segala bencana yang ada di muka Bumi. 
Mereka menyalahkan gelombang elektromagnetik sebagai biang keladi atas semua kekacauan lingkungan dan perubahan iklim
yang terjadi. Konyolnya, pada tahun 2003 silam, kelompok Pana Wave ini pernah menculik seekor anjing laut kutub utara yang tiba-tiba muncul di permukaan sungai Tokyo. 
Kaum Pana Wave berpendapat kehadiran anjing laut di tempat yang aneh seperti sungai adalah bukti dari ‘kejahatan’ gelombang elektromagnetik, dan karenanya anjing laut tersebut harus dikembalikan ke Arktik demi mencegah terjadinya kiamat. 

5. Penganut Ajaran Aneh Kaum Alam Semesta
Layaknya Raelisme, agama aneh terbaru ini juga terinspirasi oleh kehadiran alien. Kelompok ajaran yang bermarkas di Republik Ceko ini mendasarkan kepercayaannya pada mahkluk luar angkasa yang ‘katanya’ terus berkomunikasi dengan pendiri mereka, Ivo Benda, sejak tahun 1997 silam.
Menurut Ivo Benda, alien memiliki awak kapal yang sewaktu-waktu dapat mengorbit Bumi. Awak kapal ini dipimpin oleh makhluk bernama Ashtar yang mengawasi umat manusia di Bumi, dan siap mengangkut mereka yang hidupnya baik dan memiliki sifat setia ke dimensi lain. 
Kalau ada yang bermimpi untuk bertamasya ke luar angkasa, mungkin agama baru ini bisa menjadi salah satu solusi murah untuk mewujudkan impian tersebut. Nama agama aneh ini adalah Universe People dikenal juga dengan nama The Cosmic People of Light Powers.

6. Gereja Semua Dunia (Church of All Worlds)
Inilah agama pagan abad ke 21 terbesar saat ini. Church of All Worlds didirikan pada tahun 1962 oleh Oberon Zell-Ravenheart (namanya mirip seperti karakter game petualangan), dan istrinya, Morning Glory. Wow!
Nama organisasi mereka diambil dari Strange in a Strange Land karya Robert Heinlein. Pengikutnya menyembah Bumi dalam bentuk Gaea, dan beberapa dewa yang diambil dari sebagian agama kuno (kebanyakan Yunani Kuno). 
Oberon sendiri berstatus ‘Kepala Gereja’, dan bergelar ‘Primata’. Sementara pengikutnya disebut dengan istilah ‘Kaum Air’ (Waterkin). Heem, semoga saja segera diserang sama negara api.

7. Rastafarianisme, Agama yang pernah Menggemparkan Dunia
Satu lagi “agama baru” paling aneh tapi nyata di dunia, meskipun ajaran agama ini sudah lama dikenal sejak tahun 1930. Rastafarianisme dikenal juga sebagai Gerakan Rastafari yang tumbuh di Jamaika, meyakini bahwa mantan Kaisar Ethiopia, Haile Selassie I adalah Raja diatas Raja, Tuan segala Tuan, Singa Penakluk dari suku Yehuda dalam artian sesungguhnya Tuhan yang berkuasa di Dunia.
Banyak faktor penyebab yang membuat ajaran Rastafari ini timbul dan semakin bertumbuh subur umat pengikutnya, diantaranya akibat salah menafsirkan Nubuat dalam Alkitab, dan penyangkalan rasialis orang kulit hitam yang menentang perbudakan dari orang-orang berkulit putih. 
Sehingga mereka berharap melalui ajaran ini, semua aspirasi dan politik kulit hitam dapat diwujudkan oleh Pemimpin mereka. Namun sayangnya, gerakan Rastafari ini pun ditentang keras oleh Kaum Rasta sendiri karena dianggap sudah melecehkan kaum mereka.

8. Agama Terbaru Jediism
Tidak dapat dipungkiri, fanatisme penggemar sekuel film Star Wars memang jauh lebih dalam ketimbang serial lainnya, sampai-sampai dikultuskan layaknya agama. Bagi kamu yang pernah menonton atau mungkin sudah menjadi penggemar fanatik film ini, maka sudah hafal dengan konsep Light Side vs Dark Side, dan kekuatan ‘Force’ yang menyatukan seluruh alam semesta.
Konsep agama unik ini sedikit mirip dengan konsep kebaikan yang diajarkan dalam agama-agama ‘mainstream’ sehingga membuat beberapa penggemar memilih mengikuti ajaran Jedi (Light Side) dalam kehidupan sehari-harinya.
Meski tidak memiliki organisasi pusat, namun gerakan ini punya sebuah ‘rumah suci’ bernama ‘Temple of the Jedi O
rder’ yang berbasis di Texas. Kuil ini mengeluarkan sebuah kode voucher berperilaku bagi para pengikut Jediisme yang disebut ’16 Ajaran Jedi’. Ajaran ini mencampuradukkan nilai-nilai kemanusian dalam film Star Wars dengan ajaran agama yang berkembang di Asia Timur seperti Ajaran Buddha dan Tao.

9. Gerakan Kreativitas (Creativity Movement)

Creativity Movement adalah gerakan separatis dan rasis yang mengedepankan ‘Kreativitas’ sebagai nilai utamanya. Meski banyak menggunakan istilah ‘Kreator’ dalam ajarannya, namun hal ini tidak merujuk kepada suatu konsep ketuhanan, melainkan kepada pengikutnya sendiri. Gerakan ini bersifat ateis dan karenanya tidak memperkenalkan konsep kebesaran dan kekuasaan Tuhan.
Creativity Movement digalang oleh Ben Klassen pada awal tahun 1973. Setelah Ben Klassen meninggal, gerakan ini hampir musnah sebelum akhirnya digerakkan kembali oleh Matthew F. Hale lewat ‘Gereja Pencipta Baru’ (New Church of the Creator) tiga tahun kemudian.
Hale berperan sebagai ‘Pontifex Maximus’ (Imam Tertinggi) sebelum akhirnya ditangkap pada Januari tahun 2003 atas tuduhan pembunuhan seorang hakim federal yang melibatkan Kepala Keamanan gerakan mereka, Anthony Evola (seorang informan FBI).

10. Ilmu Kebahagiaan (Happy Science)
Pengusaha asal Jepang, Ryuho Okawa mendirikan sebuah agama baru setelah berhenti dari karir bidang keuangannya di Kota New York. Dengan misi membawa kebahagiaan dan perdamaian ke seluruh dunia, ia mengklaim ikut berpartisipasi menyukseskan misi ini dengan cara menyalurkan energi dan ajaran yang dibawa oleh tokoh-tokoh dan nabi-nabi dari beberapa agama.
Menurut penuturan Ryuho Okawa, Malaikat Jibril/Gabriel akan datang ke Bumi di masa depan, dan akan mendarat tepat di Kota Bangkok.
Jika sang malaikat pemberi pesan memang benar-benar akan datang kesana, maka pemerintah Thailand pastinya akan kewalahan mengatur banyaknya turis yang ingin jumpa fans sambil berselfie ria dengan sang malaikat. Hahaha mabok encu, tapi biar bagaimanapun pengikut agama baru buatan Ryuho ini sangat luar biasa banyaknya.
Sahabat kejadiananeh.com, agama memang telah menjadi batu pijakan dan pedoman sehari-hari bagi umat manusia sejak era prasejarah. Agama juga menentukan cara pandang hidup seseorang, bahkan mempengaruhi aspek-aspek kemaslahatan umat manusia seperti politik, ekonomi, dan hubungan antar masyarakat secara umum. 
Mungkin masih banyak keyakinan dan kepercayaan lain yang belum saya sebutkan, selain 10 agama aneh terbaru yang ada di dunia. Jangan pernah menghakimi mereka, dan biarkanlah mereka mewujudkan mimpinya untuk terbang bersama alien lewat agama buatannya. 

sumber:
 http://www.kejadiananeh.com/2016/02/agama-baru-paling-aneh-di-dunia.html


Posting Komentar untuk "10 Agama Baru Paling Aneh di Dunia"