TAK MILIKI BIAYA BEROBAT, PRIA CHINA INI GUNAKAN ALAT BUATAN SENDIRI UNTUK CUCI DARAH - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TAK MILIKI BIAYA BEROBAT, PRIA CHINA INI GUNAKAN ALAT BUATAN SENDIRI UNTUK CUCI DARAH

 

TAK MILIKI BIAYA BEROBAT, PRIA CHINA INI GUNAKAN ALAT BUATAN SENDIRI UNTUK CUCI DARAH
Setelah enam tahun harus menjalani cuci darah karena penyakit ginjal yang dideritanya sejak di bangku kuliah tahun 1993, seorang pria bernama Hu Songwen yang tinggal di Qutang kota Provinsi Jiangsu, China, kehabisan tabungannya karena biaya rumah sakit yang mahal. Namun, Songwen tetap bisa bertahan hidup selama 13 tahun, hanya dengan menggunakan alat kesehatan yang dibuatnya sendiri untuk cuci darah.

Ia membuat alat sendiri setelah dirinya tidak mampu lagi bayar tagihan rumah sakit. Tiga kali seminggu, Songwen membuat alat ini di dekat toilet kecil di rumahnya. Seperti dilansir Dailymail (23/1), pria ini mengaku membuat alat kesehatan tersebut dari peralatan dapur sederhana dan peralatan medis yang sudah tidak digunakan lagi. Walaupun berisiko, Songwen tetap menggunakan alat tersebut hingga saat ini. Ia pun mengaku kalau dua orang temannya meninggal karena menggunakan alat tersebut.

Menurutnya, mesin akan bekerja seperti ginjal eksternal, yang terdiri dari dua kompartemen yang dihubungkan oleh sebuah membran. Setelah itu darah dipompa menggunakan setengah mesin, sementara cairan dialisis dipompa melalui setengah lainnya. "Saya membuat cairan dialisis dengan mencampur kalium klorida, natrium klorida dan natrium karbonat hidrogen (bikarbonat) ke dalam air murni," katanya.

Dokter setempat pernah memperingatkan bahwa Songwen beresiko mengalami infeksi serius serta komplikasi jangka panjang dengan tidak menggunakan air steril untuk membuat cairan. Selain itu, pemerintah setempat juga pernah menawarkan bantuan, namun Songwen menolaknya dengan alasan rumah sakit umum terlalu ramai dan jaraknya terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Selain itu ia juga tak bisa meninggalkan ibundanya yang telah berusia 81 tahun. (KF-INT/1/Vey/Liputan6/foto: Dailymail)

Posting Komentar untuk "TAK MILIKI BIAYA BEROBAT, PRIA CHINA INI GUNAKAN ALAT BUATAN SENDIRI UNTUK CUCI DARAH "