MENIKAH BANTU KESEHATAN JANTUNG - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENIKAH BANTU KESEHATAN JANTUNG





Sebuah studi yang melibatkan 3,5 juta orang dewasa di Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang telah menikah memiliki risiko mengidap penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibanding orang-orang yang masih lajang, bercerai, atau janda.
"Hasil survei kami dengan jelas menunjukkan dalam hal penyakit kardiovaskular, status pernikahan seseorang benar-benar menentukan," ucap Dr. Carlos Alviar, ketua studi yang dilakukan oleh peneliti-peneliti di New York University’s Lagone Medical Center.
Alviar pun menyebut studinya merupakan studi terbesar yang meneliti hubungan antara pernikahan dan kesehatan jantung.
“Pasangan dapat mengingatkan janji dengan dokter dan mengantar Anda, sehingga mendapatkan akses perawatan kesehatan yang lebih baik," ucap Dr. Jeffrey Berger, peneliti senior yang juga terlibat dalam studi ini.
Dilansir Time, dalam studi tersebut diketahui bahwa mereka yang telah menikah memiliki 5 persen risiko yang lebih rendah mengidap penyakit kardiovaskular. Sementara itu, orang-orang yang masih lajang atau ditinggal pergi oleh pasangannya yang meninggal memiliki 3 persen risiko lebih besar.
Adapun mereka yang bercerai memiliki 5 persen risiko lebih besar menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung.
Para peneliti juga mengatakan bahwa semakin cepat seseorang menikah, maka kesempatan mereka menderita penyakit jantung lebih rendah hingga masa tua nanti.
Lebih lanjut, studi juga menemukan bahwa merokok pun merupakan faktor risiko penyakit jantung yang sangat besar. Survei yang dilakukan menunjukkan pasangan suami istri yang bercerai dan mereka yang merupakan janda atau duda cenderung merokok, mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, dan kurang olahraga.
Studi tersebut dilakukan selama 5 tahun dengan meneliti masyarakat dengan usia rata-rata 64 tahun di 50 negara bagian di AS. Sebanyak 63 persen di antaranya merupakan wanita.
Studi ini juga dipresentasikan di Washington, D.C., di acara American College of Cardiology.

http://life.viva.co.id/news/read/492764-studi--pernikahan-bantu-sehatkan-jantung?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

Posting Komentar untuk "MENIKAH BANTU KESEHATAN JANTUNG"