Jejak Siswa di Sungai Bungin,Nyogan - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jejak Siswa di Sungai Bungin,Nyogan




Assalamualaikum, 
Sahabat semua hari ini saya, berbagi pengalaman tentang mencari jejang siswa di Sungai Bungin, Desa Nyogan Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. 

17 Maret 2021, saya mencari siswa yang sudah lama sejak pertengahan pandemi tidak masuk sekolah karena awalnya kabar dari temannya tidak bisa berangkat karena tidak memiliki kendaraan. 
Puncak pandemi saya sebagai guru mulai khawatir kepada siswa ini karena tidak ada kabar yang pasti tentang keberadaannya. Terlebih lagi pembelajaran diharuskan secara dalam jaringan (daring) oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi. 

Teringan tanggung jawab seorang guru harus mencerdasakan kehidupan bangsa, maka saya mencari beberapa petunjuk dari beberapa teman yang tahu arah menuju rumahnya. 

Pukul 10.00 WIB, saya mengajak salah satu Siswa yang lumayan tahu dengan kondisi jalan yang di dalam hutan karet dan sawit. Biasanya saya memanggil Agung Kelas IX, Dia sempat ragu karena jika kondisi hujan jalan sudah seperti danau. 

Digambar tersebut merupakan salah satu akses jalan yang lumayan bagus kondisinya untuk dilalui kendaraan roda dua, menurut keterangan jika sudah memasuki musim penghujan maka jalan tersebut layaknya danau yang bertumbuh kebun kelapa sawit dan karet. Perjalanan kami kurang lebih 8 KM dari sekolah sampai di rumahnya dengan jalan yang kondisi tanah kering.

Sesampainya di rumahnya, ternyata siswa tersebut sudah tidak tinggal disana lagi. Akhirnya kami diajak bertemu dengan kakaknya. Menurut penjelasannya bahwa siswa tersebut sudah pindah ketempat lain bersama dengan ibunya. 

Saya menyampaikan harapan kepada keluarganya untuk tetap sebisa mungkin sekolah agar dimasa depannya menjadi bekal masa tua.

Berikut ini video tersematkan di instagram



Kisah ini dibagikan untuk mengingatkan untuk catatan saya dalam mengambdi pada negara ini. 

2 komentar untuk " Jejak Siswa di Sungai Bungin,Nyogan"

  1. Semoga menginspirasi

    BalasHapus
  2. Luar Biasa perjuanganmu pak, semoga bisa iklas dan tetap menjadi telandan

    BalasHapus