Produk Gratis Google Workspace Untuk Pengguna - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk Gratis Google Workspace Untuk Pengguna

 

rizkimegasaputra.com-Kehadiran Google saat ini yang menciptakan sebuah aplikasi yang sangat dibutuhkan setiap hari, terutama saat ini pandemi yang telah menyebar ke seluruh dunia. Google banyak memberikan manfaat terlebih semua smartphone yang bertenanga android menggunakan produk google. Produk Google memang tidak semua gratis bisa di manfaatkan oleh para pengguna. 

Google kini menggratiskan berbagai fitur Workspace untuk semua pengguna. Sebelumnya Google Workspace (G Suite) hanya tersedia untuk pengguna bisnis yang membayar biaya berlangganan.

Secara tampilan dan kolaborasi antara berbagai layanan Google lain seperti Drive dan Docs, Google Workspace tidak banyak berbeda dari versi gratisan.

Namun, pada versi berbayar, Google menambahkan fitur tambahan seperti fitur untuk menampilkan Google Docs, Sheet, atau Slide ketika melakukan panggilan Google Meet.


Fitur lain misal menyebut (@-mention) pengguna lain ke dalam tugas tertentu hingga memberikan saran pada email atau dokumen. Kini, semua fitur itu dihadirkan Google untuk seluruh pengguna. 

Meski demikian, Google masih menyediakan versi berbayar dengan fitur premium lain. Fitur premium itu seperti layanan booking cerdas, panggilan video profesional, email marketing yang bisa dipersonalisasi, dan lainnya. Selain itu, Google juga menyediakan layanan berbayar ini untuk pengguna perorangan dan bisnis kecil lewat Google Workspace Individual.


Google Chat



Dari pesan langsung hingga percakapan grup, Google Chat membantu tim dan bisnis berkolaborasi dengan lancar dan efisien dari mana saja. Berkomunikasi dengan semua rekan kerja Anda secara aman, dan tingkatkan kinerja tim dengan chat, file, dan tugas bersama.

Pembaruan lain yang signifikan terletak pada Google Chat yang sebelumnya dikenal sebagai Google Hangouts.

Fitur chat baru ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan video sementara dua pertiga layar digunakan untuk membuka Google Docs dan mengedit bersama sebuah dokumen. Google juga memberikan opsi bagi pengguna untuk menampilkan percakapan, Files atau Tasks.

Google juga memperbarui fitur room dan mengubah namanya menjadi Spaces. Fitur baru ini membuat pengguna bisa mengorganisasikan chat berdasarkan topik atau divisi tertentu mirip Slack.

Selain itu dalam ruang chat itu sekaligus bisa membagikan file dan dokumen yang khusus ditujukan untuk orang-orang yang ada pada divisi khusus itu, seperti dilaporkan TechCrunch.


Google Meet



Selain itu, Google juga melakukan pembaruan untuk Google Meet yang dilengkapi dengan berbagai fitur mirip Zoom dan Microsoft Teams.

Meet memudahkan untuk bergabung ke video call di kantor. Cukup siapkan rapat dan bagikan link. Tidak perlu khawatir apakah rekan, klien, atau pelanggan Anda sudah memiliki akun atau plugin yang benar atau belum. Dengan antarmuka yang ringan dan cepat, serta pengelolaan peserta yang cerdas, video call dengan banyak peserta kini tidak lagi sulit.

Melansir Engadget, Google akan menambahkan kontrol moderasi baru dan pilihan untuk memperbarui kalender RSVP. 

Ada juga fitur Companion Mode yang membuat peserta video call bisa melakukan poling, chat saat video call dilakukan, fitur hand rising (tunjuk tangan), tanya jawab, dan sebagainya. Fitur ini disebut akan meluncur September di web app. Sementara untuk pengguna smartphone akan menyusul. 

Sumber:

(www.cnnindonesia.com/2021)

(workspace.google.com/2021)



Posting Komentar untuk "Produk Gratis Google Workspace Untuk Pengguna"