Gasken! ini modul PPPK Calon Guru SMP Tahun 2021 - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gasken! ini modul PPPK Calon Guru SMP Tahun 2021



rizkimegasaputra.com-Seleksi Guru P3K dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru P3K adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Pemerintah membuka kesempatan bagi:

1). Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori dua yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya.

2). Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Peran Kemendikbud melalui Ditjen GTK dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan guru P3K melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat GTK Dikdas) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) yang merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan modul belajar mandiri bagi calon guru P3K. 

Untuk mempersiapkan calon guru ASN PPPK siap dalam melaksanakan seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru ASN PPPK secara mandiri.

Modul akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi, modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru ASN PPPK tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya. Peran Kemendikbud melalui Ditjen GTK dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan guru ASN PPPK melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri. 

Adapun modul belajar mandiri yang dikembangkan tersebut adalah modul yang di tulis oleh penulis dengan menggabungkan hasil kurasi dari modul Pendidikan Profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan bahan lainnya yang relevan. Dengan modul ini diharapkan calon guru P3K memiliki salah satu sumber dari banyaknya sumber yang tersedia dalam mempersiapkan seleksi Guru P3K. Mari kita tingkatkan terus kemampuan dan profesionalisme dalam mewujudkan pelajar Pancasila.


Modul Pedagogi >> Unduh

Bimbingan Konseling >> Unduh


Berikut ini modul Mandiri untuk guru Mata Pelajaran SMP :

Bahasa Indonesia >> Unduh

Bahasa Inggris >> Unduh

Matematika >> Unduh


Mata Pelajaran Kelompok IPS

IPS Ekonomi >> Unduh

IPS Sejarah >> Unduh

IPS Geografi >> Unduh

IPS Sosiologi >> Unduh


Mata Pelajaran Kelompok IPA

IPA Biologi >> Unduh

IPA Fisika >> Unduh

IPA Kimia >> Unduh


Mata Pelajaran Kelompok Seni Budaya

Seni Budaya Teater >> Unduh 

Seni Budaya Rupa >> Unduh

Seni Budaya Musik >> Unduh

Seni Budaya Tari >> Unduh


PJOK >> Unduh


Demikian yang dapat dibagikan mengenai kumpulan modul belajar mandiri seleksi calon Guru PPPK P3K tahun 2021. Semoga bermanfaat dan bisa berhasil  . .. . Semangat Pejuang  . . .

1 komentar untuk "Gasken! ini modul PPPK Calon Guru SMP Tahun 2021"