UNIKNYA RITUAL PEMANGGIL HUJAN DI INDIA - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UNIKNYA RITUAL PEMANGGIL HUJAN DI INDIA

 

Kalau Anda datang ke India beberapa hari ini, bersiaplah untuk bermandi keringat. Di beberapa tempat, suhu bisa mencapai 46 derajat Celcius! Di saat seperti inilah hujan sangat dibutuhkan.

Masyakarat India punya upacara khusus untuk memanggil hujan. Ritual itu disebut Varuna Yajna – Yajna berarti pengorbanan dan Varuna adalah nama Dewa Air dalam kepercayaan Hindu. Upacara ini dilakukan untuk menyenangkan hati sang Dewa. Sebab dalam mitologi Hindu ada kepercayaan, hujan tidak turun karena Dewa Air marah.

Upacara ini biasanya dipimpin seorang pendeta yang disebut 'Varunamoolamanthra Japa Yaagam'. Selain para pendeta, jika ini berupa upacara besar, tamu pun melimpah: dari pejabat pemerintah, orang partai sampai warga biasa.

Selama upacara Yajna, para pendeta Hindu melafalkan nama dewa Varuna sebanyak 50 ribu kali. Dalam upacara ini, dibuat api unggun di tengah tempat upacara untuk membakar berbagai persembahan bagi sang Dewa: minyak samin, susu, biji-bijian, dan kue.

Ritual Yajna ini bisa berlangsung mulai dari beberapa menit, sampai bertahun-tahun. Ini semua tergantung siapa yang menyelenggarakannya, bisa kuil ataupun perorangan. Upacara ini biasanya digelar di sumber-sumber air seperti bendungan atau bisa juga para pendeta yang langsung masuk dalam drum berisi air.

Upacara Hindu ini pernah ditolak selama masa pemerintahan Gubernur Gujarat, Keshubhai Patel (1998-2001) yang memilih hujan buatan untuk mengatasi masalah kekeringan. Tapi setelah Patel tak menjabat lagi, ritual kembali dilakukan karena hujan buatan dianggap sia-sia dan sangat mahal.

Tapi apakah ritual Yajna benar-benar bisa mendatangkan hujan?

Secara logika, hal ini memang memungkinkan. Sebab kayu yang dibakar terus menerus bersama mentega dan persembahan lainnya, akan melepaskan berbagai partikel ke atmosfir dan inilah yang memicu turunnya hujan. (opini.21/6/2013)

Posting Komentar untuk "UNIKNYA RITUAL PEMANGGIL HUJAN DI INDIA"