Kerjasama Beberapa Bidang di Negara-Negara ASEAN - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerjasama Beberapa Bidang di Negara-Negara ASEAN

 

https://cdnwpedutorenews.gramedia.net/wp-content/uploads/2021/04/04112912/masyarakat-ekonomi-asean.jpg


ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara, demikian terjemahannya. ASEAN merupakan organisasi di tingkat kawasan yang menjadi wadah kerja sama bagi sepuluh negara di wilayah Asia Tenggara.


Organisasi ini dibentuk oleh lima negara, yaitu, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Secara resmi ASEAN didirikan dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967.



Kerjasama Bidang Pendidikan 

Kerja sama ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara-negara Asia Tenggara, sekaligus meningkatkan daya saing internasional masyarakat di Asia Tenggara.


Beberapa Kerjasama Pendidikan yaitu : 

  1. The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Tujuan utamanya adalah memajukan kualitas dan kesetaraan pendidikan di ASEAN.

  2. ASEAN Council of Teachers (ACT) yaitu pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN. Acara tersebut menjadi ajang diskusi dan berbagi ide pengembangan antar pendidik dalam lingkungan belajar.

  3. ASEAN Declaration on Strengthening Education for out of school Children and Youth pada 2016 lalu di Laos. Salah satunya programnya memperkuat kualitas guru, pelatihan, pertukaran dan jejaring guru yang terlibat dalam pendidikan inklusif.

  4. East Asian Summit Education Ministers Meeting ke-5 sebagai salah satu rangkaian dari pertemuan ASEAN Plus Three Education Ministers Meeting. Tujuan pertemuan ini adalah memantau rencana kerja sama pendidikan yaitu ASEAN Plus Three (APT) dan East Asian Summit (EAS).


Kerjasama Bidang Ekonomi


  1. Kawasan Perdagangan Bebas (ASEAN Free Trade Area atau AFTA) 

  2. Penyedia Cadangan Pangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 

  3. Kerjasama Proyek Industri Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministerial Meetings atau AEM) 

  4. Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (The Regional Comprehensive Economic Partnership atau RCEP) 

  5. Kerjasama Ekonomi KTT ASEAN – Asia Timur (ASEAN – East Asia Summit Economic Cooperation atau EAS) 

  6. Kerjasama Ekonomi ASEAN - Plus Tree Hubungan Ekonomi ASEAN-China Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-Korea (ASEAN-Korea Free Trade Area atau AKFTA) 


Kerjasama Bidang Sosial Budaya


Berdasarkan buku PKN Jilid 6 oleh Dyah Sriwilujeng, kerja sama ASEAN di bidang sosial budaya salah satunya diwujudkan dengan pembentukan komite budaya dan informasi (Committee on Culture and Information/COCI).

Komite tersebut bertugas untuk meningkatkan kesadaran ASEAN dan memajukan identitas regional. Tidak hanya itu, pembentukan komite ini juga ditujukan untuk memupuk solidaritas diantara penduduk negara di kawasan Asia Tenggara.

Program-program yang dicanangkan oleh komite tersebut berupa pertukaran kebudayaan antar negara anggota ASEAN dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

Selain itu, terdapat pembentukan komite di bidang pengembangan sosial yang disebut dengan Committee on Social Development (COSD). Tugasnya, melaksanakan kerja sama ASEAN di bidang sosial budaya .

Beberapa bentuk kerja sama ASEAN di bidang sosial budaya antara lain:


  1. Pengembangan sumber daya manusia.

  2. Peningkatan kesejahteraan sosial.

  3. Penanggulangan masalah pengembangan penduduk melalui kerja sama dengan badan-badan internasional.

  4. Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata.

  5. Peningkatan kesehatan.

  6. Penyelenggaraan SEA-Games.


Kerjasama Bidang Keamanan


1. ZOPFAN

ZOPFAN adalah deklarasi menjaga Asia Tenggara bebas dari segala macam gangguan. ZOPFAN merupakan singkatan dari Zone of Peace, Freedom and Neutrality (zona damai, kebebasan, dan netralitas).


Baca juga:

4 Negara Asean yang Berbentuk Kerajaan Sistem Pemerintahannya

2. SEATO

SEATO adalah organisasi untuk pertahanan politik. SEATO merupakan singkatan dari Southeast Asia Treaty Organization.


3. AFTA

AFTA adalah blok perdagangan kesepakatan dengan asosiasi negara-negara Asia Tenggara untuk mendukung manufaktur lokal di semua negara ASEAN. AFTA adalah singkatan dari ASEAN Free Trade Area.


4. ASA

ASA adalah kerja sama regional untuk mendorong pembangunan kawasan di Asia Tenggara. ASA merupakan singkatan dari Association of Southeast Asia.

Posting Komentar untuk "Kerjasama Beberapa Bidang di Negara-Negara ASEAN"