Rekomendasi Model Pembalajaran IPS - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Model Pembalajaran IPS

 



rizkimegasaputra.com-Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang bersumber dari kehidupan sosial masyarakat yang diseleksi dengan menggunakan konsepkonsep ilmu sosial yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Kehidupan sosial masyarakat senantiasa mengalami perubahan-perubahan dari waktu kewaktu. 


Pembelajaran IPS 

Pembelajaran IPS merupaan upaya menerapkan teori-konsep-prinsip ilmu sosial untuk menelaah pengalaman, peristiwa, gejala dan masalah sosial yang secara nyata terjadi di masyarakat. 

Perubahan tersebut dapat dilihat baik dalam konteks keruangan (tempat tinggal) maupun konteks waktu. Berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat harus dapat ditangkap oleh lembaga pendidikan yang kemudian menjadi sumber bahan materi pembelajaran secara formal dapat dituangkan dalam bentuk kurikulum. Kurikulum IPS yang dikembangkan hendaknya memiliki landasan fisolofis yang jelas. 

Tujuan Pembelajaran IPS

Menurut Nursid Sumaatmadja (dalam Trianto,2007;2) menyatakan: “Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun yang menimpa kehidupan masyarakat.

Model Pembelajaran IPS

Salah satu model pembelajaran adalah model pembelajaran IPS Terpadu SMP, yang pada saat sekarang sudah dipergunakan dibeberapa SMP, meliputi bahan kajian: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi, yang menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 

Pembelajaran merupakan proses bertukar informasi pengetahuan serta wawasan terhadap peserta didik dengan pendidik yang menjadi sumber belajar kemudian di terapkan dalam lingkungan belajar.  

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.  

Berikut ini beberapa model pembelajaran yang bisa dilakukan oleh pendidik pada pembelajaran di kurikulum merdeka untuk mata pelajaran IPS. 

Beberapa Model Pembelajaran IPS untuk Guru IPS di SMP bisa menjadi referensi dalam pembalajaran di Kelas 


Posting Komentar untuk "Rekomendasi Model Pembalajaran IPS"