Materi Sosialisasi Kelas 7 IPS Kurikulum Merdeka - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Sosialisasi Kelas 7 IPS Kurikulum Merdeka

 

Sumber: Sasint/pixabay (2019)


rizkimegasaputra.com pada kesempatan ini membahas tentang sosialisasi pada kelas 7 kurikulum merdeka pada tema Tema 01. Keluarga Awal Kehidupan di mata pelajaran IPS 

3. Sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial yang menghabiskan kehidupan dengan cara berinteraksi dengan individu lain. Sosialisasi adalah proses sosial seumur hidup untuk mempelajari pola budaya, perilaku, dan harapan. Melalui sosialisasi, kita mempelajari nilai-nilai budaya, norma, dan peran.

A.    Hakikat Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses sosial seumur hidup untuk mempelajari pola budaya, perilaku, dan harapan.

 

Dapat dikatakan, sosialisasi merupakan proses seumur hidup yang berkaitan dengan cara individu mempelajari nilai dan norma sosial yang ada atau berlaku di masyarakat agar dapat diterima kelompoknya.

Interaksi sosial meliputi perpindahan individu dari satu tempat ke tempat yang lain, peran dalam hidup mereka mulai dari lulus sekolah, memperoleh pekerjaan menikah, memiliki anak, hingga pensiun.

 

B.     Agen Sosialisasi

Sosialisasi terjadi di seluruh rentang hidup dan sampai batas tertentu. Interaksi sosial meliputi perpindahan individu dari satu tempat ke tempat yang lain, peran dalam hidup mereka mulai dari lulus sekolah, memperoleh pekerjaan menikah, memiliki anak, hingga pensiun.

Berikut merupakan agen-agen sosialisasi:

  •  Keluarga

Keluarga merupakan agen sosialisasi pertama dan dianggap sebagai agen primer. Agen sosialisasi keluarga terdiri dari :

1)      sistem keluarga inti (nuclear family) terdiri ayah, ibu, dan saudara kandung maupun angkat yang tinggal dalam satu rumah

2)      sistem kekerabatan (extended family) terdiri meliputi kakek, nenek, paman, dan bibi.

  • Sekolah

tujuan menanamkan nilai kedisiplinan yang berorientasi mempersiapkan peran peserta didik pada masa mendatang. Agen sosialisasi sekolah merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder.

  •    Kelompok Sepermainan

Sosialisasi juga terjadi di antara kelompok sepermainan, baik teman sebaya maupun tidak sebaya. Agen sosialisasi kelompok sepermainan merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder.

 

  • Media Massa

Jenis media massa dapat berupa televisi, surat kabar, maalah, film, radio, dan media sosial digital lainnya. Agen sosialisasi media massa merupakan bentuk dari sosialisasi sekunder.

C.    Proses Sosialisasi

Jean Piaget menjelaskan adanya perbedaan tahap anak-anak dalam belajar untuk berpikir tentang diri mereka sendiri dan lingkungan mereka.

 

Tahapan tersebut adalah:

1)      Sensorimotor (0-2 tahun)

Tahap pertama bayi belajar terutama dengan menyentuh benda, memanipulasinya, dan secara fisik menelaahi lingkungannya.

2)      Pra-operasional (2-7 tahun)

Tahap ini anak sudah menguasai bahasa dan menggunakan kata-kata untuk merepresentasikan objek dan gambar secara simbolis.

3)      Operasional konkret (7-11 tahun)

Tahap ini anak-anak telah memahami pengertian logis seperti hubungan sebab dan akibat. Serta  mampu melaksanakan operasi hitungan matematika sederhana.

4)      Operasional formal (11-15 tahun)

Tahap ini merupakan tahap remaja, anak yang beranjak dewasa lebih mampu memahami ide-ide yang sangat rumit.


Sekian rangkuman yang dapat rizkimegasaputra.com bagikan kali ini tentang rangkuman Materi IPS Kelas 7 Tema 1 Kurikulum Merdeka.


Jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian.


Selalu kunjungi rizkimegasaputra.com untuk rangkuman materi lainnya ya serta tinggal komentarnya jika sangat bermanfaat 

1 komentar untuk "Materi Sosialisasi Kelas 7 IPS Kurikulum Merdeka "