Materi Integrasi Sosial - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Integrasi Sosial

 

A.    PENGERTIAN INTEGRASI SOSIAL

1.      Pengertian Umum

Integrasi sosial merupakan sebuah penyesuaian antara unsur-unsur yang berbeda, terutama pada kehidupan sosial. Sehingga nantinya akan menghasilkan pola kehidupan yang nyaman untuk masyarakat.

 

Jika dilihat dari katanya, integritas sosial sebenarnya terdiri dari dua istilah, yaitu “integrasi” yang mempunyai arti keseluruhan atau kesempurnaan. Kemudian “sosial” yang mempunyai arti hubungan atau timbal balik dari sebuah tindakan yang dilakukan oleh sosial atau masyarakat.

 

Namun jika memiliki pada pengertian menurut KBBI, integrasi memiliki arti yaitu sebuah pembaruan terhadap sesuatu hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. Integritas sendiri adalah sesuatu yang memiliki peran penting di dalam masyarakat itu sendiri. Dengan adanya hal tersebut, tujuan masyarakat akan terbentuk dengan harmonis dan akan mudah untuk mencapai tujuan bersama.

 

Lalu, melalui prosesnya, semua hal yang berkaitan dengan keteraturan sosial seperti budaya, hukum, pendidikan, dan lainnya akan mudah untuk dilakukan. Sehingga bisa bisa kita simpulkan bahwa integrasi sosial dapat dinilai sebagai salah satu elemen yang bisa mengurangi terjadinya konflik sosial yang ada di dalam masyarakat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika menilik pengertian integrasi sosial menurut KBBI, maka kita akan menemukan bahwa integrasi merupakan pembauran sesuatu yang terpisah sampai menjadi satu kesatuan yang utuh.

 

Akan tetapi, integritas sosial tidak hanya bisa diukur dari kriteria diatas, yaitu dengan bersatunya meleburnya semua anggota masyarakat dalam artian fisik. Namun hal tersebut juga memuat tentang pengembangan sikap solidaritas dan juga perasaan yang manusiawi. Hal tersebut adalah dasar dari sebuah keselarasan suatu masyarakat.

 

2.      Pengertian Tokoh Sosiologi

1)      Michael Banton

Integritas sebagai pola suatu hubungan yang menganggap adanya perbedaan ras yang ada di dalam masyarakat. Namun, mereka tidak memberikan sebuah peran penting pada perbedaan tersebut.

 

2)      John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin

Integrasi sosial merupakan sebuah fenomena sosial yang terjadi karena adanya sebuah proses sosial. Terlebih yang berkaitan dengan perbedaan unsur, seperti emosional, budaya, perilaku, dan juga keinginan.

 

Dimana akhirnya hal tersebut akan menimbulkan aspek masalah sosial. Sehingga dengan menyadari hal tersebut, seharusnya masyarakat akan lebih mudah melakukan proses perdamaian yang kita sebut sebagai integrasi.

 

3)      Soerjono Soekanto

Integrasi sosial merupakan salah satu bentuk suatu proses sosial yang dilakukan oleh berbagai pihak. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalah yang ada di dalam masyarakat. Permasalahan tersebut dapat dilatarbelakangi oleh adanya konflik sosial, kekerasan, dan ancaman yang berasal dari pihak lain.

 

4)      Hendropuspito

Integrasi sosial merupakan satu kesatuan masyarakat yang pada akhirnya akan membuat setiap individu memiliki satu visi dan juga misi.

 

5)      Paul B. Horton

Integrasi sosial merupakan serangkaian proses dan juga interaksi sosial terhadap semua kelompok ras dan etnis yang bisa bersatu. Sehingga hal tersebut dapat menunjang kehidupan ekonomi serta budaya.

 

B.     SYARAT-SYARAT INTEGRASI SOSIAL

Menurut William F. Ogburn dan Meyer Nimkoff

1.      Memiliki Rasa Saling Membutuhkan Antar Sesama Masyarakat

2.      Nilai dan Norma Harus Dijalankan Secara Konsisten

3.      Nilai dan Norma Diraih Melalui Kesepakatan Bersama

4.      Adanya Toleransi

5.      Memiliki Kesadaran Diri Sebagai Makhluk Sosial

6.      Mempunyai Visi dan Misi yang Sama

 

C.    BENTUK-BENTUK INTEGRASI SOSIAL

Integrasi sosial sendiri dibedakan menjadi 3 (tiga) bentuk atau jenis, yaitu:

 

1)      Integrasi Normatif,

Integrasi normatif merupakan integrasi yang diakibatkan dari adanya kesepakatan bersama dalam menentukan norma-norma yang berlaku di masyarakat, misalnya membuat kesepakatan tidak akan menyerang atau berperang satu sama lain.

Contoh integrasi normatif di Indonesia adalah penerapan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, untuk mempersatukan bangsa-bangsa di Indonesia sebagai suatu kesatuan.

 

2)      Integrasi Fungsional

Terbentuk karena fungsi- fungsi tertentu dalam masyarakat. Contohnya suku Bugis yang suka melaut difungsikan sebagai penyedia hasil-hasil laut.

Contoh lain Indonesia yang terdiri dari berbagai suku mengintegrasikan dirinya dengan melihat fungsi masing-masing: suku Bugis melaut, Jawa bertani, Minang pandai berdagang.

 

3)      Integrasi Koersif

Integrasi koersif merupakan integrasi yang terjadi berdasarkan kekuasaan yang dimiliki penguasa, di mana adanya pihak lain (yang berkuasa atau berwenang) yang mendorong terjadinya integrasi atau dengan paksaan.

Dalam hal ini penguasa melakukan cara-cara kekerasan (koersif). Contohnya polisi menembakkan gas air mata untuk menghindari kerumunan yang menimbulkan kerusuhan.

Sumber:

Ilmu Pengerahuan Sosial SMP/Mts Kelas VIII.2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Modul Belajar Mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja(PPPK) Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial – Sosiologi.2021. Direktorat GTK Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

https://www.sosial79.com/2021/04/pengertian-integrasi-kebudayaan-unsur.html

https://www.gramedia.com/literasi/integrasi-sosial/

https://www.zenius.net/blog/materi-sosiologi-integrasi-sosial

https://tirto.id/rangkuman-materi-integrasi-sosial-sifat-bentuk-faktor-pendorong-gi51

Gambar Masjid Muhammad Cheng Hoo:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhsUUxgGARRsN7RXbXGDTrcsLh2RJE3KhuqA2VvILhBY_iwECe9hyDPVj-4U8duBgZkpJrH9MaqIBDId3XsRbu3Puyec5gH3koYPOQdDSXC7BJjzMK0e12jzjZlO0zBIolhXYNlLdyBXcw/s1638/1304FotoMasjidChengHooRds.jpg


Posting Komentar untuk "Materi Integrasi Sosial "