Tips dan Trik Lulus Seleksi PPPK 2022 - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Lulus Seleksi PPPK 2022

 

https://s.id/1r8a2

rizkimegasaputra.com -Pemerintah resmi membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga guru mulai tanggal 31 Oktober sampai dengan 13 November 2022. Pendaftaran ini dibuka melalui portal https://sscasn.bkn.go.id. Tenaga guru merupakan salah satu prioritas pemerintah untuk pengadaan PPPK tahun ini. Sebab profesi pendidik sangat berkaitan erat dengan pembangunan sumber daya manusia.

Informasi PPPK 

"Salah satu fokus kebijakan pengadaan ASN tahun 2022 adalah pemenuhan pelayanan dasar di antaranya adalah guru, yang sangat berkaitan erat dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk kemajuan negeri ini," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Selasa (01/11).


Pendaftaran ini diumumkan berdasarkan Surat Plt. Kepala BKN Nomor: 35846/B-KS.04.01/SD/K/2022. Pendaftaran dibuka untuk pelamar prioritas 1, 2, 3, dan umum.

Sekilas PPPK 

Persiapan yang matang adalah hal yang sangat penting dilakukan agar bisa lulus pada semua tahapan tes seleksi PPPK. Hal tersebut karena lowongan PPPK yang tersedia terbatas sementera jumlah peserta setiap tahunnya terus mengalami  peningkatan sehingga persaingan semakin ketat.

Untungnya proses seleksi PPPK sudah mulai dilakukan secara transparan untuk menghindari praktik sogok-menyogok sehingga peluang untuk lulus hanya bisa diraih oleh peserta yang benar-benar memiliki persiapan yang matang. Salah satu strategi yang sangat efektif adalah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum hari H pelaksanaan tes.

Prilaku Pelamar PPPK

Jangan meniru kebiasaan buruk mereka yang telah gagal dalam proses seleksi PPPK di tahun-tahun sebelumnya, yaitu kebiasaan menunda-nunda untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi PPPK. 

Mereka baru berlatih mengerjakan soal-soal ujian PPPK setelah melihat nama mereka muncul di pengumuman peserta tes. Itu adalah kesalahan besar, sebab jarak antara pengumuman tes dengan waktu pelaksanaan tes biasanya sangat singkat sehingga waktu untuk berlatih mengerjakan soal-soal menjadi sangat singkat. Jika demikian, Anda akan sama dengan orang yang terjun ke medan tempur tanpa amunisi yang cukup maka dalam sekejap Anda akan gugur.

Jumlah soal-soal yang disiapkan oleh panitia dalam database CAT sangat banyak dan  muncul secara acak pada saat pelaksanaan tes. Kabar baiknya adalah, soal tes tahun- tahun sebelumnya berpotonsi muncul lagi sehingga semakin banyak soal-soal tes  yang kita pelajari, semakin besar peluang untuk mendapatkan soal yang sama pada saat menghadapi tes CAT sehingga peluang untuk lulus semakin besar.


Jadi intinya, jika anda serius ingin lulus seleksi PPPK, persiapkanlah diri Anda sejak awal dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal tes PPPK.

Persiapan tentunya dapat dilakukan dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal tes PPPK. Saat ini, soal-soal latihan tes PPPK bisa didapatkan baik dengan membeli buku soal-soal tes PPPK di Toko Buku atau bergabung menjadi member pada website penyedia jasa Bimbingan Belajar PPPK secara online.


Rangkuman Tips dan Trik Lulus Seleksi PPPK

Beberapa tips dan trik :

1. Memenuhi Persyaratan

2. Melengkapi Dokumen

3. Perhatikan Jadwal Belajar dan Pelaksanaan Ujian

4. Membuat Rangkuman Materi

5. Mengerjakan  Soal Latihan

6. Gabung Grup yang Membahas PPPK

Demikian ulasan singkat dari rizkimegasaputra.com tentang Tips dan Trik Lulus Seleksi PPPK 2022 , semoga bermanfaa bagi kita semua. Aamin Ya Robbal 'Alamin.

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Lulus Seleksi PPPK 2022 "