Penghormatan Rakyat Thailand untuk Presiden Soekarno - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penghormatan Rakyat Thailand untuk Presiden Soekarno

Penghormatan Rakyat Thailand untuk Presiden Soekarno. Ternyata Kharisma Sang Putera Fajar Bung Karno ini tidak hanya di idolakan rakyat indonesia saja, Penghormatan tersebut juga diberikan Rakyat Thailand untuk Presiden Pertama Indonesia ini sebagai tokoh kepemimpinan Bung Karno yang tidak hanya sebagai proklamator bangsa Indonesia, tetapi juga sebagai pemimpin dunia yang ingin membangun suatu tatanan dunia baru yang lebih damai dan lebih berkeadilan.

"Bung Karno tidak hanya dimiliki Indonesia, tetapi menjadi milik dunia, dan ikut menentukan sejarah politik internasional karena kepeloporan Bung Karno melalui Gerakan KTT Non Blok".
Proses pembuatan patung lilin ini dilakukan di Museum patung lilin Madame Tussauds di Bangkok dengan dukungan dari Tourism Authority of Thailand melalui penelitian yang sangat mendalam, baik berdasarkan data-data yang dikumpulkan pada saat Bung Karno di Uni Soviet, di Amerika Serikat, maupun pada saat kunjungan ke PBB.

Foto Bersama Ibu Megawati Soekarno Putri

Namun Proses Pembuatan Patung Lilin itu mengalami kendala pada saat pembuatan Tongkat Komando yang selalu menjadi bagian dari tampilan Bung Karno dalam acara-acara resmi. Hal ini juga terkait dengan keterbatasan data, namun akhirnya hal tersebut dapat di atasi setelah HM Prananda Prabowo mengupayakan pembuatan replika Tongkat Komando tersebut. Tongkat Komando yang dibuat dari 'kayu rampung', suatu jenis kayu langka dan bertuah.

Secara filosofis kayu yang memiliki nilai sakral dalam kebudayaan Jawa tersebut, bagian dalamnya diisi (disujen) dengan 'Kayu Wunglen' yang menggambarkan besarnya energi pengabdian tanpa akhir, yang telah didedikasikan oleh Bung Karno. Sedangkan dari elemen logam terbuat dari perak dan emas. "Dengan 5 ring cincin emas yang melambangkan Pancasila, dan bagian pokok tongkat tertuang dengan gagahnya Lambang Garuda Pancasila," kata Hasto.

Proses Pembuatan Patung Lilin Soekarno


Sementara itu, peci yang menjadi ciri khas Bung Karno secara khusus dipesankan oleh Puti Guntur Soekarno di Bandung. "Di penjahit khusus yang berdasarkan kesejarahan yang ada, menjadi tempat pemesanan peci yang biasa dipakai Bung Karno," ujar Hasto. Pakaian Bung Karno didesain dengan seksama oleh Samuel Wattimena. Desain pakaian Bung Karno dilaksanakan dengan sangat hati-hati guna menampilkan sosok Bung Karno sebagai tokoh besar yang telah ikut merubah sejarah politik dunia.
Peresmian yang dilakukan  Senin (24/9) dihadiri oleh keluarga Bung Karno, yakni Megawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Puti Guntur Seokarno. Hadir pula anak-anak Megawati, yakni Pratama, Prananda Prabowo, dan Puan Maharani. Dari perwakilan PDI Perjuangan hadir Hasto Kristiyanto, wakil sekretaris jendral DPP.

Posting Komentar untuk "Penghormatan Rakyat Thailand untuk Presiden Soekarno "