Rasa tertekan bikin anak perempuan rawan serangan jantung - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rasa tertekan bikin anak perempuan rawan serangan jantung

Rasa tertekan bikin anak perempuan rawan serangan jantung 

Perasaan tertekan yang berlangsung semasa kanak-kanak dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke pada usia pertengahan.

Studi terbaru menemukan bahwa mereka yang sering mengamuk ketika berusia 7 tahun berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung atau stroke pada awal 40-an dan efeknya paling menonjol pada wanita. Sebaliknya, anak-anak yang bisa tetap tenang dan fokus memiliki risiko yang lebih rendah di kemudian hari.

Selain itu, perasaan tertekan di usia 7 tahun dikaitkan dengan 31 persen peningkatan risiko penyakit jantung pada wanita, serta 17 persen pada pria. Kini, para peneliti mencoba melakukan studi lanjutan untuk lebih memahami hasil temuan ini dan apakah mekanisme biologis mendasari fenomena tersebut.

"Kita tahu bahwa tekanan secara terus-menerus dapat menyebabkan disregulasi respon stres dan itu adalah sesuatu yang ingin kita lihat," kata Dr Appleton kepada BBC.

Temuan ini ikut mendukung banyak penelitian yang telah menemukan pengalaman negatif di awal kehidupan dapat memiliki efek jangka panjang di masa depan.

Tahun lalu, para peneliti dari Harvard mengungkapkan bahwa kesulitan anak usia dini dapat memicu respons stres yang berbahaya dalam tubuh dan otak anak, sehingga menempatkan mereka pada risiko tinggi masalah belajar, berperilaku, dan kesehatan sepanjang hidup mereka.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/rasa-tertekan-bikin-anak-perempuan-rawan-serangan-jantung.html

Posting Komentar untuk " Rasa tertekan bikin anak perempuan rawan serangan jantung"