Wanita wajib lakukan 5 pemeriksaan kesehatan ini di rumah - rizkimegasaputra.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wanita wajib lakukan 5 pemeriksaan kesehatan ini di rumah



Apakah Anda melakukan pemeriksaan rutin terhadap payudara setiap bulan? Wanita harus lebih rajin untuk memantau sendiri kondisi tubuhnya. Mengapa? Karena wanita sangat rentan terhadap berbagai penyakit, terutama kanker. Berikut adalah pemeriksaan kesehatan rutin yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, seperti dilansir Livestrong.

1. Menstruasi

Pantau siklus menstruasi Anda setiap bulan. Deteksi gejala aneh yang Anda rasakan setiap kali menstruasi atau sebelum menstruasi. Ingat, bahaya kanker serviks bisa mengancam setiap wanita. Kanker serviks bisa menjadi sangat invasif dan menyerang jaringan di dekatnya. Seorang wanita yang terkena kanker serviks biasanya mengalami pendarahan vagina yang terjadi antara mestruasi, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause. Jika Anda menemukan gejala aneh pada organ genital Anda, segera lakukan pap smear untuk membuktikan firasat Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati!

2. Memeriksa kuku

Tanda-tanda kanker kulit juga dapat berkembang di bawah kuku Anda. Periksa kuku Anda dan temukan tanda-tanda seperti garis-garis kekuningan, coklat, atau hitam, yang kesemuanya bisa menjadi tanda-tanda kerusakan sel. Jika Anda menemukan tanda-tanda yang membuat Anda ragu tentang kesehatan Anda, segera periksakan ke dokter. Yang terpenting, hindari paparan sinar matahari secara berlebihan.

3. Memeriksa kulit

Kulit dapat menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan tubuh seseorang. Sindrom ovarium polikistik umumnya ditandai dengan resistensi insulin, menstruasi yang tidak teratur, dan kelebihan produksi hormon seks pria, yang dapat menyebabkan kulit berminyak, kusam dan pertumbuhan rambut tebal di wajah, dada, perut, punggung, ibu jari, dan jari kaki. Jika Anda merasakan gejala ini, segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan medis. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan panggul, tes darah, atau USG vagina untuk mendiagnosis kondisi tersebut.

4. Memeriksa ketiak

Kulit ketiak berwarna gelap dan terasa kasar? Itu bisa jadi gejala diabetes. Kelebihan insulin dalam aliran darah dapat menyebabkan sel kulit berkembang secara abnormal yang mengarah ke penumpukan jaringan dan melanin. Hal ini dapat membuat kulit di bawah lengan Anda terasa lebih tebal dan lebih gelap. Sebuah tes darah sederhana dapat Anda lakukan untuk memastikan apakah Anda terkena diabetes atau tidak.

5. Memeriksa kelopak mata

Apakah Anda melihat benjolan putih seperti lilin di sekitar mata? Ini bisa menjadi bentuk timbunan kecil dari kolesterol di bawah kulit Anda. Dengan menyumbat arteri, kadar kolesterol tinggi menempatkan Anda pada risiko serius penyakit jantung. Untuk memastikannya, cek kolesterol Anda, dan tanyakan pada dokter tentang bagaimana Anda dapat mengurangi kadar kolesterol Anda.

Inilah lima pemeriksaan kesehatan rutin yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Ingat, jika menemukan sesuatu yang aneh segera tindak lanjuti dengan memeriksakannya ke dokter.


Sumber: http://www.facebook.com/pages/Koran-Pesbuk/359345110782925

Posting Komentar untuk "Wanita wajib lakukan 5 pemeriksaan kesehatan ini di rumah"